Profil Madrasah

Madrasah Tsanawiyah Sunan Ampel Kebet Lamongan berdiri pada tahun 1986 dengan SK Izin Operasional Nomor: Kd.13.24/4/PP.00.5/702.a/2010 tanggal 1 Juli 2010, beralamat di Desa Kebet Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan. Pendirian MTs Sunan Ampel diprakarsai oleh Swadaya Masyarakat yang terhimpun dalam suatu Yayasan bernama Yayasan Al-Falah Kebet Lamongan yang dipimpin oleh Almaghfurlah KH. Machfudz Shodiq dengan SK dari Kementrian Hukum dan HAM Nomor: AHU 0005943.AH.01.04.Tahun 2016 tangal 2 Februari 2016.

Dengan nilai akreditasi A, Madrasah Tsanawiyah Sunan Ampel ikut andil dalam mengembangkan potensi generasi muda Indonesia dengan pendidikan umum dan didasari dengan pendidikan keagamaan serta diwarnai dengan kegiatan-kegiatan keagamaan yang mencirikan pondok pesantren, yang mana kegiatan tersebut menjadi branding dan unggulan MTs Sunan Ampel, yaitu sebagai “Madrasah Alternative Pondok Pesantren”, kegiatan tersebut seperti baca kitab, tahfidz, bimbingan baca alqur’an, sholat berjamaah, istighotsah-tahlil dan kegiatan ZIS serta Pesantren Kilat pada waktu bulan romadhon.

Pada kegiatan ekstrakurikuler, MTs menfokuskan pada kegiatan kepramukaan, Kelas KSM/Olimpiade dan juga ditambah dengan kegiatan ektra keagamaan seperti Qiroah dan Banjari

Dalam naungan Yayasan Al-Falah juga terdapat Lembaga Pendidikan lain yaitu Madrasah Diniyah Matholiul falah yang berdiri kira-kira sejak tahun 1956. dan juga Lembaga Pendidikan Madrasah Aliyah Sunan Ampel yang berdiri pada Tahun 2000.

Visi dan Misi

Visi:

Terwujudnya Madrasah Tsanawiyah Sunan Ampel sebagai Madrasah yang Islami, Berkualitas, Populis, dan Mandiri.

Misi:

  1. Melaksanakan pembinaan SDM agar lebih kreatif, inovatif dan berakhlak mulia.
  2. Mengoptimalkan pembinaan peserta didik agar terbentuk pribadi yang tangguh, bertanggung jawab dan berakhlak mulia.
  3. Meningkatkan kompetensi peserta didik agar dapat berprestasi dan kompetitif baik tingkat provinsi, nasional maupun internasional.
  4. Menerapkan model – model pembelajaran berbasis ICT (Information Communication Technology) dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang tersedia.
  5. Mengoptimalkan program kegiatan pembiasaan dan pengembangan diri yang berkarakter islami dan berorientasi prestasi.
  6. Melaksanakan program unggulan dibidang IPTEK untuk mempercepat pengembangan mutu madrasah.
  7. Mengembangkan madrasah berstatus Sekolah Ramah Anak Tingkat Nasional menjadi madrasah rujukan.
  8. Mewujudkan lingkungan madrasah yang hijau, bersih, sehat dan nyaman dalam rangka mendukung madrasah sebagai Wawasan Wiyatamandala.
  9. Memberikan pelayanan pendidikan berbasis digital secara bertaham melalui program Pelayanan Terpadu Satu Pintu.
  10. Mengoptimalkan peran serta orang tua dan masyarakat dalam rangka mendukung program Madrasah Hebat dan Bermartabat.